HISTORY♥♥♥

dimanche 6 juin 2021

Manajemen Emosi: Marah

WAAAAAA udah bulan Juni aja ya! Akhir Mei kemarin emang lagi hectic-nya kegiatanku sih jadi ngga bisa nulis banyak juga. Sekarang sebenernya masih ada final semester tapi ini kan hari minggu!

Aku bakalan banyak gabut nih kalo ngga ikutan summer school tapi kayaknya bakalan ikutan deh karena nilaiku ada beberapa yang masih jelek (haha) sungguh mengecewakan dan tidak memuaskan. Aku juga udah banyak nyari magang especially remote internship karena virusnya makin ngeri, cyin. Juga kayaknya bakalan banyak nyari lagi nih kegiatan-kegiatan kerelawanan biar waktunya bermanfaat yekan. Semoga dapet ya, doain ya para pembacaku (padahal ngga ada yang baca).

Sebenernya tulisan ini udah pernah aku publish juga di instagramku yang orangnya itu-itu aja. Nah makanya biar yang baca makin banyak--seengganya bukan followers aku doang. Aku simpen di sini deh ya dengan gaya ngeblog aku hehe! 

OK topiknya adalah MARAH

Aku termasuk orang yang gampang marah, dulu. Sekarang ya udah cukup kekontrol sih. Kayaknya aku harus dalemin chakra nih ya. OK back to the topic, awalnya dari chat salah satu temanku yang ajaib. Kurang lebih dia text aku kayak gini,

"Gua bingung apakah marah itu baiknya disalurkan atau (cukup) dipendam aja ya, karena semua energi yang kita kasih ke semesta bakal balik lagi berarti harusnya ditahan aja kan? Tapi gua rasa kalo dipendam juga efek sampingnya itu pasti jadi bom waktu aja, suatu saat tinggal tunggu korek nyentuh sumbu yang udah lo rajut selama ini. Biasanya hal apa sih yang bikin lo marah? Dan refleks lo pertama kali menanggapi situasi itu apa? Apakah diam? Kalo gua pasti refleksnya diam. Gua ngga tau ya. Ini masih dalam proses gua aja untuk mengolah emosi gua. Gua rasa gua  ngga bisa bener-bener diam sepenuhnya, ya banter-banter jadinya nulis nonsense gini. Gua rasa tetep harus disalurkan sih. Tapi masih cari cara yang tepat. Gua masih bener-bener belajar untuk manajemen emosi gua. Semoga nanti gua nyampe di suatu titik ketika ngeliat hal yang bikin gua marah, gua bisa sabar dan mewajarkan itu semua sambil bilang, "maklumin aja, mungkin dia belum paham ini semua." Numpang talking nonsense aja."

Kalo menurut Hukum Kekekalan Energi kan, "energi tidak dapat dihilangkan, tapi dapat diubah menjadi energi lain" ya menurutku sebenarnya dengan cara temanku nulis tulisan kayak gitu aja, amarahnya udah tersalurkan.

Sekarang aku kasih beberapa poin deh ya.

 1. Porsi Marah: Seberapa Sering Sesuatu Bikin Orang Marah? 

Aku punya akun twitter kosongan (ngga ada followers) yang isinya untuk menyalurkan apapun yang aku pikirkan--termasuk amarahku dan HANYA BOLEH aku baca sendiri. Untuk keamanan dan kenyamanan aku ngga akan kasih foto screenshot atau link apapun. Setelah aku cek ternyata aku terakhir kali marah adalah dua hari yang lalu, dilanjut 6 hari yang lalu, dst. Kalo di-scroll ke bawah aku bisa liat frekuensi aku marah dan alasan aku marah karena apa. Jadi jawaban untuk pertanyaan: Seberapa sering "sesuatu" bikin orang marah? Ya beda-beda tergantung orangnya. Kalo kalian orangnya gampang marah kayak aku, aku saranin banget untuk nulis--nulis di mana aja bisa di notes hape, di chatroom mantan (tapi make sure kamu udah blokir/ngeblokir dia) atau di chatroom temen yang kamu percaya banget, atau di twitter kayak aku.

Namanya *Algoritma Emosi* fungsinya biar kita bisa identifikasi di titik apa aja biasanya kita marah, frekuensinya seberapa sering, ya begitu lah.

Contohnya ya, dari identifikasi yang aku dapetin dari catatan kemarahanku:

Kalo diliat dari tanggal ngetweet, aku marah setiap aku dikasih tugas yang BUKAN tugas utamaku (di dalam organisasi) atau sebenarnya masih ada yang bisa mengerjakan (bahkan itu memang tugas dia) tapi justru malah aku yang ditunjuk. Tugas darimana? Organisasi.. oh yaudah berarti sekarang saatnya aku cabut/vakum dulu dari organisasi, istirahatin otak sampai waras.

Ngga harus ikutin jalanku sih, itu jalan yang aku ambil aja. Balik lagi ke pribadinya mau ambil langkah apa. Di pon ini aku cuma tekanin aja kalo dengan ini kita bisa tau seberapa sering kita marah dan hal apa yang ikut andil atas kemarahan kita.

2. Kurang Kasih Sayang Bisa Bikin Orang Marah?

Balik lagi ke obrolanku sama temenku yang aneh bin ajaib, temenku bales text-nya kurang lebih begini,

"Level teratas itu lo balas amarah orang dengan kasih sayang, nya. Karena kayaknya orang marah cuma karena kurang kasih sayang deh. Kayak cerita rasul ke nenek-nenek itu. Soalnya biasanya orang yang penuh kasih sayang di sekelilingnya adalah orang yang jarang marah. Sepengamatan gua ya."

Kalo aku jujur aja kurang setuju sama pendapat temenku. Aku termasuk orang yang dapet kasih sayang cukup. Dibanding adik-adik, aku yang paling sering dimanja dan dibanggain. Bahkan setiap kebutuhanku selalu didahulukan dibanding mereka. Ya pokoknya kasih sayang dari orang tua, teman, pacarku cukup-cukup aja. 

Setiap aku marah pun, aku ngga pernah merasa aku marah karena kurang kasih sayang tapi lebih ke bad day aja atau aku kurang paham sama keadaannya. Well, aku kurang paham sih tentang hubungan kasih sayang-amarah tapi menurutku anak yang paling kurang-kasih-sayang-di-rumah jarang banget yang jadi seorang pemarah justru anak yang paling sering dimanja dan diturutin permintaannya lah yang jadi anak pemarah.. contohnya di keluargaku (anak pemarah adalah aku). Atau bisa liat contoh Cinderella!

Ya, walaupun temenku akhirnya mengaminkan pendapatku tapi kali aja kalian punya pendapat yang beda kan. Pikirin yuk pikirin. 

3. Cara Menanggapi Orang Marah Gimana? 

Ya simple jangan balik marah, tapi jangan didiemin juga. Kalo dari pengalaman marah-marahku, aku marah setiap lagi dapet hari buruk atau aku ngga paham sama situasinya jadi pengen meledak aja. Coba dimaklumin dulu aja dengan bergumam, "mungkin dia harinya lagi buruk, kita kan ngga tau orang lain menjalankan harinya gimana". Kalo udah ya boleh aja dideketin lagi pake perilaku asertif. Jangan disinggung soal marahnya tapi tanya kenapa pelan-pelan dan dengan kepala dingin! YUKKK

 4. Terus Biar Ngga Marah ke Orang Gimana? 

Ya harus menghargai orang dulu. Text dari temenku begini,

"Misalnya gua tadi ngobrol panjang, terus tiba-tiba ada orang komen mutusin apa yang sebaiknya gua lakuin. Lah, itu kan bukan hak dia untuk komen. Lo berhak apa. Ya walaupun hak gua juga sebenernya buat bodoamat."

Inget aja rumus: orang itu beda-beda dan kita harus mengerti, mereka begitu karena mereka belum ngerti kita juga.

"Iyeye kalo kita marah berarti kita anggap kita selevel dia dong ye. Padahal dia yang belum ngerti."

KESIMPULANNYA DEH YA,  

Ada berbagai macam hal yang bisa bikin orang marah, contohnya tadi: hari buruk, ngga paham situasi, laper, dan sebagainya. Nah tergantung kita mau bersikap gimana; dimaklumin aja, diemin aja, atau balik emosi, atau justru kita yang memulai/menyulut emosi. Kalo menurutku, masalah kecil atau besar emang harusnya dimaklumin aja soalnya kalo marah pun bkin capek doang karena *beda kepala beda sifat* tapi aku belum bisa kayak gini, tapi aku lagi berusaha untuk kayak gini. Biasanya ngobrol secara daring bikin rentan marah baget, enaknya emang bertemu--ngga di organisasi doang, marah sama temen, marah sama pacar, marah sama adek emang harusnya temu sih (biar bisa jambak-jambakan langsung, canda). Ada juga yang meluapkan amarahnya dengan nangis atau diem atau banting kursi, nah wajar atau engganya ya tergantung diri kita sendiri, tapi aku percaya setiap orang punya cara sendiri untuk meluapkan emosinya dengan cara yang beda dan unik, selama itu membuat kita lega ya lanjutin aja asal jangan merugikan orang lain atau lingkungan sekitar aja sih.

Thank you kalo kalian baca sampe sini, semoga manajemen emosiku dan kalian bisa lebih baik ya! Kalo mau buat aku marah sini!!! KITA RIBUT HAHA kidding :D

 

Menulis tanpa kemarahan,

Fralatania.

 



Aucun commentaire:

Publier un commentaire