HISTORY♥♥♥

vendredi 8 octobre 2021

Semester Tua

Halo! 

Judulnya angker banget ya haha, aku namain gitu karena aku merasa sekarang udah bukan waktunya lagi untuk main-main (sebenernya daridulu juga sih).. di samping itu aku juga melihat banyaknya adik tingkat yang dateng dan aku ngga bergairah untuk kenalan basa basi karena aku takut direpotin sama mereka (duh kayak aku berguna aja ya).. Kuliahku sejauh ini berjalan lancar atau kalau boleh aku bilang lancar banget! Aku di kelas udah ngga bengong-bengong karena ngga ngerti lagi yey tapi kadang masih kedistraksi sama isi pikiran sendiri tapi ya masih bisa di-handle. Aku juga rada kaget melihat jadwal lab aku, 4 dari 5 matkul itu ada labnya huaaa dan banyaaak banget! Bismillah ya, semoga bisa ngerjain lab çıkışı-nya nanti (ujian akhir lab). Karena aku ngga mau juga berlama-lama di dalam sana, eh tapi seru sih berasa kerja banget! Kayaknya aku harus cepat-cepat merasakan magang deh biar makin bisa merasakan getaran keseruan itu. Dan aku punya satu matkul hitungan yang sangat menyeramkan, karena isinya kating semua.. serius satu kelas penuh banget sama kating bahkan ada kating yang ngambil ders itu 3x.. hm. WISH ME LUCK!
 
Tentunya hal itu ngga membuat aku gentar sih, ya takut mah ada (iyalah ngambil 3x) tapi buat apa itu kan diluar kendali aku.. yang bisa aku kendalikan sekarang adalah diri aku sendiri. Yap! Aku harus belajar lebih giat lagi!! Terima kasih untuk buku Filosofi Teras yang dipinjamkan oleh Kelvin ke aku karena berkatnya aku jadi ngga terlalu overthinking lagi aye. Baca buku sekarang jadi hobi baru aku. Berangkat dari kepikunanku yang semakin parah, otak yang harus diisi selain daripada urusan akademik, dan mengulang kebiasaan lama! Iya, I used to be that nerd.. Bawa novel ke mana-mana dan baca di mana-mana udah aku lakuin dari keciiiil banget, dimulai dari bacaan dongeng mama setiap malam waktu aku belum bisa baca (sodaraku bahkan kalo ketemu mamaku selalu minta dibacain dongeng). Eh kayaknya asik juga ya, kalo blognya aku pake untuk ngulas buku atau film yang lagi aku baca dan tonton.. Tapi magernya itu lho, kadang kalo ada muse eh malah akunya yang ngga ada waktu karena disibukan oleh kegiatan dunia perkuliahan yang tiada hentinya.

Salah satu dari banyak hal di kuliah yang lagi aku enjoy banget adalah masuk kelas Food Microbiology. Isinya cuma 5 orang dalam satu kelas; aku dan 3 teman lainnya serta 1 hoca. Jujur suka banget sama kelas ini karena bahasa pengantarnya bahasa Inggris dan slide powerpointnya juga bahasa Inggris! Aku bisa paham banget banget banget sama topik mata kuliahnya. Ngga ada bengong bego pokoknya. Senengnya lagi, AKTS matkul ini yang paling tinggi daripada yang lain jadi kalo aku bisa lulus dengan baik di matkul ini harusnya nilai IP aku juga berangka baik. 
 
Jujur, aku sampe sekarang belum menemukan kesulitan di semester ini tapi ya ngga mau nantangin juga sih. Emang harusnya jalanin aja ya, untung dari awal aku ngga terlalu musingin kesimpulan dari orang-orang yang bilang katanya semester 5 itu menakutkan. Semoga ngga bertemu hal-hal yang mengerikannya deh, mager. Semoga aku bisa nulis yang bahagia-bahagia aja di semester ini karena sambat itu melelahkan sebenarnya. Sekarang nulis yang bahagia lagi, dua hari lalu aku kenalan sama orang di perpustakaan, berawal dari aku yang ngga sarapan dan laper banget terus kebetulan punya banyak receh, langsung aja aku cus ke vending machine buat beli teh sama cemilan. Terus ngga disangka, ada orang nyapa aku, aku sebelumnya sering liat dia dengan tongkatnya jalan di sekitar perpus. Terus kami sempet ngobrol gitu, lucunya dia bilang bahasa Turki aku yang kentang ini bagus banget haha! Dia minta tolong aku untuk bantuin dia dengan kasih arahan di mana tempat masukin koin, dan bla bla bla akhirnya setelah mendapatkan apa yang dia inginkan dan aku juga udah dapet yang aku idamkan, kami  melanjutkan ngobrol sedikit.. Terus sebelum pergi aku sempet nanya nama dia, namanya Ibrahim. Ya begitulah perkenalan singkat aku dengan teman baruku! Aku udah beberapa kali merhatiin dia gitu, dia emang keren banget sih, sampe dia hafal tombol untuk dapet cappucino di mesin dengan cara menghitung dll.. Pagi yang indah banget untuk memulai hari ngga sih.. Makan siangnya juga indah banget, aku sama Rifqi emang lagi rajin untuk bawa bekal ke kampus karena selain hemat (padahal yemekhane udah murah banget), makan berdua sambil tukeran makanan yang dibawa itu asik banget!  Aku ceritain perkenalan aku dan Ibrahim ke Rifqi--kebetulannya adalah Rifqi ada tugas gitu, dan dia mau bikin project taman disabilitas. Kayaknya seru ngga sih kalo aku kenalin Rifqi juga ke Ibrahim! Semoga ada kesempatan :)

Beberapa foto aku dan Rifqi makan bekal di kampus, kami suka pindah-pindah tempat gitu cuma sejauh ini aku paling suka makan di tempat ini







With love,
Fralatania.

mardi 28 septembre 2021

1st and 2nd Days

Setelah cukup puas dengan liburan panjang (yang ngga libur-libur banget karena diisi summer school), sekarang saatnya mengasah otak lagi! Kemarin adalah hari pertama aku masuk kuliah. Kabar baiknya, semua mata kuliahku di semester ini tatap muka yeay! Jadi ngga sabar nih buat main di lab. Serunya lagi, mata kuliah kali ini udah kepangan-panganan. Jadi ngga ada tuh yang namanya pelajaran dasar anak teknik. Huhu semoga ilmu di semester ini bisa digunain untuk magang (dan seterusnya) nanti deh. Aamiin
 
Aku seneng banget karena aku berhasil checklist one of my to-do-lists di vision board aku! Aku lulus ujian penyetaraan dan hari ini kelasku udah diganti ke kelas yang pake bahasa Inggris. Aku email dosennya sih, soalnya bolak-balik gedung administrasi dan gedung bahasa asing sama sekali ngga membuahkan hasil haha. 
 
Sekarang aku mau cerita bagaimana aku menjalani my first day and second day school (post covid). Aku kemarin bangun pagi terus bergantian sholat dan mandi sama temen-temen rumahku. Kami semua saling lempar kata-kata semangat dan sebagainya. Terus setelah sarapan dan ngecek jadwal, aku memutuskan untuk pergi bareng Azri. Pas di dolmuş aku ketemu temen ot (orang Turki), karena sama-sama pake masker jadi senyumnya ngga keliatan, cuma mata kita saling tatap terus yaudah menyipit gitu deh asik. Terus dia bilang kalo dia dan aku ngga akan sekelas karena dia harus ambil mata kuliah yang ngulang gitu, dan bener-bener 1 semester ini kita ngga sekelas. Terus aku ke perpus, aku nuker jaket kulitku pake jaket jeans punya Rifqi karena aku rada sedikit kepanasan (I didnt expect that there would be sun all day). Terus aku nemenin dia sebentar di perpus sambil ngobrol-ngobrol karena dia juga kebetulan nunggu kelas (dia kelasnya masih online). Aku masuk kelas dan ya temu kangen gitu sama temen-temen. Terus yaudah seperti sebelum-sebelumnya, hari pertama langsung diisi dengan pengenalan matkul sekaligus belajar! Yap. Kelar kelas, aku ke perpus lagi terus ngga ada yang bisa aku lakuin juga kemarin karena belum ada catetan yang di-upload ke sabisku. Jadi yaudah aku dan Rifqi makan di yemekhane yang sekarang sudah makin upgrade dengan standar protokol kesehatan yang baik dan makanannya juga lumayan lebih enak terus setelah itu aku cuma nemenin Rifqi aja sekalian gangguin dia di perpus. Setelah tidur siang bareng dengan cara menundukan kepala di atas meja perpus, kami berdua memutuskan untuk keluar perpus duduk-duduk dulu di taman sebelum akhirnya pulang jalan kaki. 
 
Kemarin cukup panas dan waktu yang enak banget buat makan ice cream walaupun jadi cepet cairnya juga..  Jadi di jalan pulang kami memutuskan untuk beli ice cream dan duduk-duduk dulu di bukit kesayangan kami!
 




 
Malemnya, aku harus jemput jemuran yang udah dibeli Azri di daerah Serdivan AVM dan aku minta Rifqi untuk nemenin aku. Walaupun awalnya Rifqi bete karena semua angkutan umum penuh (bawa mahasiswa pulang), dan sesuatu hal. Akhirnya bisa diobati dengan makanan--kami makan lahmacun tadi malam. Enak deh pokoknya! Rifqi awalnya seneng sama penjual lahmacunnya karena kata Rifqi, orangnya ngga judgy--jadi dia bawain pesenan kami berdua, dan dia nanya dulu siapa yang makan 2 siapa yang makan 1 karena kata Rifqi, biasanya tuh pelayan langsung kasih 2 ke cowok dan 1 ke cewek (ya menurutku ngga sexist juga sih). Tapi ternyata, waktu kami mau bayar, penjualnya malah melakukan body shaming ke temen-temen kami hahaha. Ya cukup baik lah untuk memulai hari kuliah. Semuanya lancar, dibuka dengan sholat dan kalimat semangat dari temen rumah, diisi dengan keseruan, dan diakhiri dengan makan lahmacun.
 
Kalo hari ini, aku dateng pagi banget karena aku ngga mau tempat duduk aku di perpus diambil sama orang. Tapi kayaknya aku sampe jadi orang pertama yang dateng ke perpus.. Terus aku makan di yemekhane sama Rifqi dan di sana kami ketemu sama Anca, Nadia, dan Tazqia. Jadi yaudah makan bareng aja. Obrolannya juga lumayan seru, apalagi waktu dengerin Nadia marah-marah. Terus aku masuk kelas yang ternyata di sana udah ada Kelvin (ini first day-nya dia karena kemarin dia ngga masuk, emang anaknya suka kocak). Terus mata kuliah hari ini diisi sama pengenalan alat-alat lab, jadi kayaknya bakalan banyak banget labnya tapi gapapa aku sukaaa. Ngantuk sih karena kontennya alat-alat lab dan kegunaannya doang, juga tentang keamanan di dalam lab yang mana ini semua selalu diulang dari semester 1. Terus setelah selesai kelas, aku nganterin Kelvin ke perpus untuk balikin buku terus dia cuma kayak, "wah" dan bingung deh pokoknya kayak maba karena semuanya serba baru dan makin canggih. Aku juga ingetin dia untuk print ders föyü karena dia ngga bisa masuk kelas Isı ve Kütle Aktarımı (Heat and Mass Transfer) kalo ngga ada ini. Kejadian lucunya adalah, waktu di jalan mau ke perpus, Kelvin ambil barang orang yang jatoh dan kembaliin ke orangnya, terus hp dia ketinggalan di kelas, pas kita balik ternyata hpnya ada di orang dan dibalikin ke Kelvin. Jadi kayak alam nunjukin ke aku gitu, kalo karma baik tuh sampe kapan pun masih tetep ada. Sisanya ya paling ketemu orang-orang Indonesia lain sih, since orang kita mudah dikenali cirinya, juga di sini makin banyak orang Indonya. 
 
Yaudah segitu dulu aja, mungkin aku bakalan nulis sambat tentang semester ini, atau malah aku nulis #bangga karena bisa dapet nilai bagus hehe. Udah yaaaa dadah!
 
Xx,
Fralatania

jeudi 23 septembre 2021

Lunapark: Rifqi's POV

Merhaba!
 
Aku mau melanjutkan tulisan ini  tapi bukan dengan sudut pandang aku, melainkan Rifqi. Jadi setelah aku memaksa minta dia untuk nulis di buku pink milik kami, dia pun segera mewujudkan permintaanku layaknya bapak peri yang baik hati. Udah yuk langsung aja.
 
RIFQI'S POV 
19 September 2021
 
Jadi sebenernya hari ini google calendar ngingetin agenda buat nonton bareng. Tentunya dengan my bebeb. Jadi awalnya satu minggu sebelum ini kami lihat ada spanduk pemberitahuan kegiatan nonton di ruang publik, atau istilah kerennya layar tancap. Tapi mamah bilang itu namanya bioskop misbar (gerimis bubar). Kebetulannya adalah film yang diputer itu film kartun animasi semua, jadi kalo gua sih seneng-seneng aja. Of course, sebagai Disney Lover Mania, gimana ngga seneng kan bisa nonton Up dengan dubbing bahasa alien di tengah taman kota. Apalagi set tempat bioskop terbukanya itu pake bekas stadion sisa peninggalan abad ke-16, yang mana pada masa itu Ken Arok menaklukan Kerajaan Singosari. Oke balik ke cerita.
 
Jadi di siang harinya bersiap-siaplah kami, tepatnya gua sih, gua masak terus nelfon Ibu Negara juga. Sementara Sang Permaisuri baru bangun dari tidur panjangnya. Dan setelah melewati diskusi yang cukup alot, musyawarah menghasilkan mufakat yang menyatakan bahwa kami akan berangkat setelah menunaikan ibadah haji, maaf maksudnya ibadah shalat Maghrib. Maka bergegaslah dua anak cucu Adam ini setelah bergonta-ganti mencari OOTD yang sesuai. Lalu kami menanti kehadiran limosin jemputan di halte kesayangan, naas, mobil jemputan datang terlambat, dan sialnya gua belom selesai masuk pintu Si Supir udah nyelonong aja sambil nutup pintu yang berakhir gua kejepit. Tapi gua yang ngga bisa marah ini cuma diem dan termenung sementara Si Supir minta maaf dan bilang katanya ngga ngeliat gua makanya langsung nutup pintu. Keren sih gua apresiasi attitude-nya Si Supir yang mau minta maaf dan ngakuin kesalahannya. Yah untungnya emang ngga bikin gua kenapa-napa juga sih.
 
Dan abis itu sampailah kami di pemberhentian terakhir (bukan akhirat santai). Tujuan pertama kami adalah dolum noktası (tempat mengisi kartu bis, RED) karena Anya harus isi dulu kartu bisnya. Setelah itu next stop-nya adalah the one and only rumah makan pizza Turki paling ekonomis di Turki yaitu Pidematik (sorry bukan endorse). Tapi jujur pide di sini tuh maknyoss. Apalagi malam itu, padahal kami udah hampir bete karena makanannya ngga dateng-dateng. Tapi ternyata proses penantian yang berbuah begitu manis, pidenya dateng pas baru kurang dari satu menit keluar dari tungku, dengan keju yang masih meleleh dan kepulan asap yang begitu memanjakan indera penciuman. The point is gua berani bilang kalo itu adalah pide terenak yang pernah gua makan. Terlebih dengan pemandangan terindah dari mahakarya Sang Pencipta wanita cantik yang memenuhi pusat pandangan gua (asik gombal). Meskipun Anya ngeluh terus, katanya orang di belakang ngeliatin kami karena makan pide pake tangan. Padahal makan pake tangan way much better than pake kaki.
 
Sampailah kami pada destinasi utama yaitu taman baru (yang sekarang ngga baru-baru amat) deket Kent Park. Awalnya kami kaget karena tribun udah sepi, ternyata emang acaranya udah selesai. Filmnya udah beres diputer. Dan ternyata kami dateng telat. Jadi akhirnya kami mutusin buat jalan-jalan aja di sekitar taman. Yang ternyata ada sesuatu yang menarik perhatian yaitu Pasar Malam lebih tepatnya Lunapark sih soalnya banyak wahana permainan, dari yang unyu-unyu hingga yang begitu ekstrim. Bahkan ada satu wahana yang sebenernya ngga hanya menarik perhatian kami tapi juga semua orang. Yaitu kora-kora atau Gondol. Sejenis baby swing raksasa berbentuk perahu yang lebih barbar. 
 
Dan ternyata sebuah kebetulan yang tak disangka datang. Kami bertemu beberapa orang temen yang juga lagi jalan-jalan di sana. Akhirnya karena hanyut dalam euforia malam gempita yang penuh keceriaan dari muka setiap pengunjung di sana, kami memutuskan untuk beli tiket dan naik wahana itu. Dan karena dasar Si Laper Mata, kami beli dua tiket untuk wahana lain lagi (yang pada akhirnya ngga dipake juga). Setelah menunggu beberapa saat dalam antrian yang kami isi dengan gurauan. Tibalah giliran kami. Dan kami memutuskan untuk duduk di kursi barisan kedua dari yang ujung, karena sebenernya gua takut, tapi ya gua coba hadapi lah semua tantangan ini, karena gua tau, gua lebih dari kuat dari semua masalah hidup ini. 
 
Dan ternyata satu kata untuk wahana ini adalah "basah", karena telapak tangan gua sampe licin bercucuran keringat di tengah hawa musim gugur malam dengan angin yang mulai kencang berhembus. Juga dengan wahana ayunan yang dengan lepas mengayunkan para muda mudi yang haus akan adrenalin ini. Teriakan lancang yang terdengar dari segala arah mengekspresikan setiap perasaan riang, takut, dan puas dengan sempurna. Meskipun suara hati berbisik lirih meminta semua ini cepat berakhir. Dan ya, memang yang fana itu dunia, selepas bahagia yang membara pun tak lama mampu di sana. Karena seketika turun, perut mulai berontak mual dan isi kepala yang linglung pusing tak karuan. Sementara lisan masing-masing dari kami masih saja tertawa mengejek dan melempar caci sebagai canda. Malam pun berlanjut dengan skenario cengkrama, swafoto, dan ngemil sate Indo. Terakhir kami saling berpisah, menunggu kedatangan transportasi umum, dan berpulang. Ternyata memang tubuh menolak untuk lebih lama merasakan wahana di sana. 
 
Malam yang tak sempurna. Tapi mungkin akan jadi malam yang akan selalu kami kenang, kini maupun nanti. Gua rasa ringkasan hidup tereka sempurna di malam itu. Rencana yang tak terduga. Makna penantian proses yang lama. Pertemuan kawan baru dan lama. Bahkan tamparan realita yang ternyata memang selalu lebih baik dari rencana. Kita boleh berencana, kita harus berusaha, tapi terkadang kesadaran penerimaan akan kenyataan juga penting untuk dirasa. Persis kayak kata-kata Forrest Gump, "hidup itu seperti sebuah kotak cokelat, kita ngga akan pernah tau apa yang akan kita dapat". Tambahan dari gua, "tapi kita selalu dapat berencana untuk mengambil cokelat yang kita inginkan," meskipun balik lagi ke pasal pertama.
 
END
 
HAHA! Honestly aku ngga mengharapkan Rifqi nulis beneran.. Tapi ini anak beneran nulis.. He did it well. Sekarang saatnya lampiran foto-foto!
 
(kusaranin liatin foto-fotonya sambil dengerin We Are Scientist - After Hours)
 
  


Ini awalnya aku kira, aku yang bakalan panik di atas sana sambil teriak malu-maluin tapi ternyata aku yang paling kalem di antara mereka semua HAHA gila ngga padahal mereka udah merendahkan aku sebelum kami semua ada di atas. Ya Allah sumpah, diketawain ibu-ibu. Udah gitu aku hampir terbang tapi Rifqi untungnya sadar.


Pura-pura tidur.


Ini wahana Balerin, jadi kayak penari ballet gitu.. Diputer-puter dan kita duduk di roknya dia. Wahana yang ngga jadi aku dan Rifqi naikin padahal udah beli tiket (tiketnya rencananya kami simpen sih, bukan tiket kertas gitu--semacam kepingan gitu kayak yang dipake untuk main karambol...?)







Difotoin Oji.


Jadi kata Oji, Zahir, dan Agung tadinya ada anak kecil perempuan yang naik kuda-kudaan ini, sebenernya wahana damai tapi si anak kecil cari keseruan sendiri dengan goyang-goyang di atas kuda.



Beberapa orang yang turun bareng kami dari wahana Gondol. PUYENGGG



uPS kepencet.


Mau main ini! Belom kesampean (di Turki).






Rifqi bantu kucing yang ngga bisa turun dari pohon. Rifqi ngga suka hewan anyway. 





Bulannya bagus.




Anak-anak nakal yang bikin kucingnya nyangkut di atas pohon.






Ngga jadi nonton tapi gapapa we have fun already.




Selesai.


mardi 21 septembre 2021

Cerita Tentang Hari Ini

Halo! 
 
Hari ini aku ujian kecapakan Bahasa Inggris yang nanti akan digunakan untuk bisa masuk ke kelas yang  berbahasa Inggris (ya capek juga sih sebenernya kalo pake Bahasa turki terus), ada plus dan minus-nya sih menurutku. Kalau kelasnya bahasa Turki, ketika ada tugas essay atau makalah bakalan lebih rendah tingkat plagiarism-nya karena sumbernya kan dari Bahasa Indonesia/Inggris jadi susunan katanya bakalan bedaaaaa banget, tapi ya gitu kadang masih kurang nempel aja di otak padahal ngerjainnya udah tiga bahasa haha, sedangkan kalau kelasnya Bahasa Inggris, bakalan lebih mudah mahaminnya--untuk sekarang aku lebih memilih kenikmatan yang ini karena sejujurnya aku udah mulai males mikir berat, terus perkiraanku kelasnya bakalan sepi banget! Jadi kayak kelas privat gitu, hubungan ke dosennya juga bakalan lebih akrab (semoga).. ya seengganya nambah tuh list dosen yang disayang--juga karena lebih dikit jadi lebih seru belajarnya karena lebih fokus gitu lah ya intinya, tapi kayaknya labnya bakalan tetep pake Bahasa Turki deh..? let's see lah.
 
Aku berangkat satu jam sebelum ujian, janjian gitu sama Rifqi cuma Rifqinya lama banget jadi yaudah aku tinggal aja duluan karena ini krusial banget untuk aku jadi aku harus persiapkan matang-matang. Terus, di kampus aku ketemu beberapa adik tingkat kayak Arya, Farid, Nuzul, temen seangkatanku Fajri, dan satu cewek yang aku kurang kenal--lalu dateng lah Kelvin. Duduk bareng gitu biasalah orang Indo kalo ketemu bahasannya ngga jauh-jauh dari berita orang lain, lumayan lah pemanasan sebelum masuk kelas untuk ujian. Tiba-tiba Rifqi dateng bawa sarapan yang kayaknya dia baru beli sebelum dateng ke kampus. Ya ngga lama dari itu, kami semua masuk ke ruang ujian. Ujiannya lama banget asli jauh banget dari perkiraanku, Alhamdulillah aku bisa ngerjain semuanya ya walaupun ngga yakin banget bener atau engga.. Tapi semoga nilainya memuaskan lah ya (karena lulus aja ngga cukup). Hehe.
 
Satu persatu peserta mulai keluar dari ruang ujian, warga lokal cepet banget keluar ujiannya ngga tau cepet karena udah pasrah atau emang soalnya yang terlalu gampang. Aku termasuk yang memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sih. Aku kontrol terus sebelum akhirnya aku kasih lembar jawabanku ke pengawas. Terus keluar ruang ujian--lagi-lagi seperti orang Indo, abis ujian langsung bahas jawaban di depan ruangannya dengan suara yang kenceng banget! Sampe akhirnya kami semua disuruh untuk diam. Aku cabut duluan sih sama Rifqi soalnya udah laper juga dan kebetulan banget hari ini makanan di yemekhane enak-enak semua, aku makannya ngga abis, mubadzir emang..
 
Setelah itu ngga ada plan sih, cuma emang kebetulan (lagi) kami butuh kaos kaki dan juga waktu itu sempet ketemu toko kaos kaki yang bagus dan harganya murah. Jadi langsung aja pergi ke çarşı untuk berburu kaos kaki. Setelah memilih cukup lama, akhirnya aku dapet 4 kaos kaki lucu dan Rifqi dapet 3 kaos kaki yang cowok gitu lah biasa dan kami bayar dengan harga yang terjangkau huhu we love harga murah, tapi barangnya ngga murahan kok. Di çarşı juga aku dan Rifqi memutuskan untuk beli gelato yang sebenernya udah diidamkan dari pertama kali nyium bau waffle-nya! Asli menggoda banget, kapan-kapan aku harus coba pokoknya titik ngga pake koma (I mean the waffle).
 
our gelatos

Terus yaudah lah, ngga lama juga sih kami memutuskan untuk pulang karena Rifqi juga ada panggilan alam. Aku di rumah dimasakin sama Azri karage dan sambel, makannya pake selada! Mmmh yummy. Terus aku juga nonton Squid Game, series yang lagi rame banget dan ternyata emang seseru itu mau nangis. Besok rencananya aku vaksin dosis 1 karena syarat masuk kuliah ya itu salah satunya, terus ada rapat juga, kemungkinan juga besok bakalan ke kampus lagi untuk liat nilai ujian hari ini (ini kalo ngga mager). Rifqi juga udah ngasih buku--tulisan dia tentang Lunapark kemarin, jadi kalo sempet mungkin besok aku post tulisannya di sini sekalian arsip foto-foto juga.
 
Dah, aku mau lanjut  nonton Squid Game

lundi 20 septembre 2021

Last Night: Lunapark (summary)

  

HAHA tumben banget di bulan ini nulis lebih banyak daripada biasanya..

Jadi semuanya berawal dari minggu lalu waktu aku dan Rifqi belanja kebutuhan hidup yang paling penting yaitu bahan makanan, di jalan pulang kami berdua melihat ada poster yang besar sekali depan taman kota yang isinya adalah nonton bareng film kartun gitu, terus Rifqi inisiatif nyatet jadwalnya. So honestly tadi malam aku lagi merasa ngga ingin keluar gitu, cuma Rifqi sort of... maksa? ngga deng, dia bilang udah lama ngga keluar berdua (yang emang beneran ngabisin waktu berdua gitu) jadi yaudah akhirnya aku ayoin kan sebelum masuk kuliah juga.
 
Yaudah akhirnya kami memutuskan untuk bertemu di durak (re: halte bis) yang paling dekat dari rumah kami, terus yaudah berangkat tuh, terus sebelum nonton kami memutuskan untuk makan dulu (#important tadi malam makananku habis satu porsi, biasanya aku suka sisa dan aku kasih ke Rifqi). Terus kami berjalan ke taman kota,  dan ternyata.... kosong, nothing. Iya, ngga ada apa-apa di sana (aduh aku ketawa, tapi emang sebenernya aku lagi ngga pengen nonton-nonton banget sih karena filmnya juga aku kurang suka). Hmmm. Terus karena udah di tempat jadi yaudah lah masuk aja, kemudian melipir deh ke Lunapark (semacam pasar malem gitu). Ngga disangka, ternyata ada beberapa teman kami di sana. Ada Oji, Zahir, dan teman baru kami Agung. Kemudian kami berlima memutuskan untuk main satu wahana namanya Gondol (re: kora-kora), pada milih tempat di paling belakang yang mana ketika di atas bakalan tinggi banget sampe mau jatoh... yaudah setelah teriak-teriak di atas, kami turun yang Alhamdulillahnya dengan selamat tapi muka pucat ditambah kepala pusing, perut kekocok, dan mau mati... setelah mengulas singkat keadaan di atas kami berlima duduk di rumput ditemani dengan sate dari lombok yang rasanya enaaak banget bawaannya Agung (mantap Agung). Terus ketawa-tawa sejenak, ya pokoknya lemesin badan dan pikiran lah.. lalu pulang.
 
Masih banyak yang mau aku tulis sebenernya cuma besok adalah hari ujianku! Ujian profiency yang krusial banget untuk aku lulusin, karena aku udah capek banget berurusan sama bahasa alien.. ya seengganya adalah satu kelas full bahasa Inggris gitu kan (lagian sekalian mengasah bahasa inggrisku lagi).. Jadinya aku bakalan buat versi panjang dan di sana bakalan ada sudut pandang Rifqi juga aye! Aku lampirin juga beberapa foto-foto huhu! 
 
UPDATE: versi panjangnya ada di sini
 
Sampai jumpa,
 
Fralatania.

jeudi 16 septembre 2021

Surviving Life

Hi!

Jadi ceritanya aku punya internet friends and one of them has posted this on her igs.
"Neden hayat bu kadar çok zor? (Why is life so hard, RED) is the most unique question that can be asked imo. everyone has a different life and a different perspective so the answer depends on the person themselves. everyone will have a different detailed answer depending on what they are going through. but I personally think that the problems we have are the purpose of this life. we are born to face problems. according to my religion god will not give us bigger problem than we can handle. if you dont have problem then you simply dead. It's not problem that make our life difficult. but indeed difficulties are what we were created for, so that the decisions we take on all these difficulties require us to go to the afterlife which will decide where we will end up..." 

Dan kebetulan sekali, dia post itu di saat aku lagi butuh banget kata-kata kayak begitu. Langsung aja dong aku berguling ke DM dia buat minta izin re-post. Ngga tau kenapa kata-kata yang dia tulis itu nenangin aku banget. Jadi waktu itu aku emang lagi ada masalah--actually I needed someone to talk with but I want us to stay anonymous that time. Tapi ternyata dengan baca tulisan itu doang, aku ngga merasa butuh teman cerita lagi. Aku jadi sadar kalo semua orang struggle dengan masalahnya masing-masing walaupun emang sebagian orang ngga menunjukkannya. Dan aku setuju banget sama pernyataannya, if you don't have problem then you simply dead. Karena emang sampe kapan pun masalah akan selalu ada.

Rasanya mau nge-drama aja waktu itu, maksudnya ya kayak sedih seharian di atas kasur ngga usah makan dan minum, denger lagu sedih, dan sebagainya. Tapi untuk apa? Aku ngga boleh merasa sebagai special snowflake karena ada jutaan bahkan miliaran lebih manusia di dunia yang juga lagi merasakan hal yang sama kayak aku. Sebenernya kata-kata ini cuma salah satu dari banyaknya coping mechanisms aku aja sih. 

Di samping itu, aku bersyukur banget masih waras--aku juga ngga pernah curhat sambil nangis ke orang lain (maksudku, aku bisa cope sama masalahku sendiri). Dan aku selalu berdoa ketika coping with my problems aku ngga melampiaskannya ke orang lain.

Tapi sekarang, aku udah baik-baik aja karena aku cerita ke Mama & Ayah. Emang, dukungan mereka ngga pernah salah. Sampe-sampe text dari ayah aku tulis di depan buku aku! Buku yang bakalan aku pake untuk semester 5 nanti. Aku bersyukur banget juga karena sekarang lingkunganku positif banget (p o s i t i v e v i b e s o n l y) tapi ngga toxic positivity juga, aku bisa jadi diri aku sendiri tanpa takut di-judge dan kami saling ngisi, aku bisa nangis, bisa ngambek, bisa ketawa--begitu pula mereka ke aku. Aku merasa di umur segini bukan waktunya banyakin temen nongkrong tapi obrolannya nonsense atau basa-basi, beberapa/sedikit teman yang satu frekuensi aja udah cukup banget untuk aku. Ditambah, temen-temen yang sekarang berprospek abis. Ngga ada berhentinya aku ngucapin syukur ke Tuhan. Ditambah temen deketku juga selalu perhatian dan pengertian sama kondisiku, huhu sayang banget sama kalian semua. Level tertinggi sayang sama manusia itu ketika memanjatkan doa di setiap sholat terus namanya automatically kesebut sendiri ngga sih.. because I did it always. 

OK back to the topic... 𝓢𝓾𝓻𝓿𝓲𝓿𝓲𝓷𝓰 𝓛𝓲𝓯𝓮

Untuk bertahan hidup menurutku yang paling penting pegangan metafisika, ngga harus agama emang, tapi serius pegangan metafisika itu sepenting itu. Kalo kita ngga punya faith lantas kenapa kita masih hidup sampe hari ini? Bahkan disaat aku lagi males-malesnya ibadah, aku bakalan cek zodiak, tarot, dsb. Salah satu temenku pernah bilang kalo mamanya ngomong, "kalo bukan karna agama pasti mama udah bunuh diri". Ya aku setuju ngga setuju sih haha. Tapi emang sepenting itu pokoknya. Yang kedua ya will and/or support, kalo udah ngga ada kemauan untuk hidup biasanya orang bisa mengakhiri hidupnya terus beberapa orang butuh dukungan moral maupun material, yang ini ngga perlu dijelasin. Kalo aku butuh temen juga sih ya, karena aku sadar selama ini beberapa pekerjaanku terasa mudah karena dibantu temen, temen yang pinter bisa bantu aku di mata kuliah (ngajarin aku sampe AA), terus kalo ada temen yang udah kerja biasanya dia suka bagi-bagi proyekan, ada juga temenku yang konseptual jadi asik banget buat ngobrolin suatu hal sama dia, beberapa temen bisa juga diajak brainstorming sesuatu, ada juga temen yang ngakak untuk mengobati pusingnya kepala, bahkan ada temen yang pencapaiannya banyak banget dan bisa memacu aku untuk bisa kayak dia haha, dll. Sebenernya banyak faktor pendukung untuk bertahan hidup (kayak skills yang dipunya) tapi aku tulis segitu dulu aja. 

Bicara tentang bertahan hidup, ngga bisa lepas sama yang namanya pekerjaan. Semua orang pasti mau banget punya pekerjaan yang layak yang bisa menyejahterakan hidupnya. Untuk dapet pekerjaan, makanya kita semua butuh skills dan ilmu. Aku selalu nahan diri aku untuk nyontek, kalopun kepepet pasti nantinya aku paksakan diri aku untuk pelajarin lagi yang tadi udah aku intip hehe. Ayah pernah bilang ke aku, "ilmu nyontek ngga akan bisa untuk ngembangin diri nanti saat sudah bekerja kelihatan, nak". Hal yang aku takutin daridulu adalah, ketika aku ngga nyontek sendirian sedangkan temen-temenku nyontek, nilaiku jadi anjlok sendiri--tapi ternyata aku salah, karena yang beneran belajar akan selalu berada di atas. Aku juga selalu takut, ketika nanti masuk dunia kerja, aku bakalan jadi orang yang susah dapet kerjaan, as we already know, privilese keluarga atau kerabat (jalur orang dalam, RED) di dunia kerja memainkan role penting. Jalur orang dalam itu nyata adanya, di manapun dan kapan pun. Aku sempat mengeluhkan hal ini ke ayah, jawabannya cuma,  "di perusahaan asing ngga punya ilmu maka akan tersingkir. mereka menghargai orang pintar kak, beda sama Indonesia yang menghargai bapaknya." kemudian ditutup dengan kata, " kakak punya otak bagus". 

Ditambah anak angkatanku lagi pada ambis-ambisnya, aku juga pengen ambis nih karena ngga kerasa kuliah banget (maklum daring) (apalagi ngerasa kuliah di luar negeri), jadi emang keputusan beberapa temanku untuk pindah asrama biar bisa berkawan foreigners or Turkey citizens tuh keputusan yang tepat banget ya, karena kalo pada akhirnya berkawan sama Indonesia doang lagi apa bedanya sama yang kuliah di Indonesia (networking, RED). Tapi ikut program PPI yang bagus-bagus kayak forum diskusi atau acara seni juga harus banget sih, yang harus dihindari justru duduk nongkrong sampe malem ngomongin orang atau basa-basi yang ngga penting-penting banget. Apalagi sekarang di kotaku udah makin banyak orang Indonesianya, padahal dulu kerasa prestige-nya kuliah di Turki tapi sekarang boro-boro, tapi ya aku bersyukur juga akhirnya makin banyak SDM Indonesia yang kuliah.. semoga mereka pergi ke Turki bukan karena keterpaksaan karena ngga diterima di mana-mana karena jujur aja belajar bahasanya itu susah banget, padahal bahasa nih yang paling krusial :^)

Sekarang fokusnya aku ke IPK  dan magangku sih.. AAAHH pokoknya ngga mau deh lulus dengan cv kosong. Akhir-akhir ini aku lagi demotivasi dalam hal akademik gitu, karena bingung juga harus mulai darimana tapi targetku pokoknya sebelum masuk kuliah aku harus udah punya catetan untuk mata kuliahku! Aku juga udah apply beberapa kerjaan, dan udah ada temenku yang ngasih project gitu.. tapi aku masih merasa kayak ada yang kurang..tapi apa.. HAHA

Udah lah ngomongnya makin ngawur, udah dulu ya.

loVE,

Fralatania.


lundi 13 septembre 2021

Semangat, Mahasiswi!

Halo temen-temen.
 
Aku lagi ada mood nulis nih, karena kebetulan lagi banyak inspirasi juga untuk ditulis di sini. Kenapa judulnya "Semangat, Mahasiswi!" ya karena emang seharusnya semangat terus kan..(by the way ini nulisnya sambil ngantuk, daritadi nahan mata biar ngga merem ehe).
 
Setelah drama pandemi ini, akhirnya kuliahku kan akan diadakan secara luring--jadi ngga ada lagi tuh birlikte güçlüyüz atau bersatu kita teguh bercerai kita runtuh (a.k.a grup nyontek bareng-bareng) (aku ngga ikutan kok, kadang ngintip sih cuma tetep belajar tenang aja!) (tapi emang lumayan bantu ipk sih..) (tapi asli aku mah belajar ehe) ditambah dengan aku yang ngendep di rumah dan jarang sosialisasi secara langsung dengan warga lokal, memutuskan untuk ambis mulai sekarang alias ambis sedari dini alias ambis sebelum perkuliahan dimulai. Karena aku takut banget ketinggalan.. ditambah aku sekarang semester 5! Astaga. Aku hari ini tepatnya tadi siang waktu Turki menyempatkan diri untuk text katingku yang sejurusan denganku dan dia orang Indonesia juga kan, terus jawaban dia bikin aku terkejut sekaligus memacu aku untuk belajar lebih lagi sih. Intinya dia bilang semester 5 itu kayak mau mati aaah jujur. Tapi dia berjanji mau ngirimin dokumen-dokumennya waktu semester 5 sih.. aku juga cari-cari di internet gitu tentang semester ini, apakah emang semenakutkan itu atau biasa aja terus ketemu tulisan ini deh. Dari sekian banyak tulisan tentang semester 5 di internet tentang horornya, kesulitannya, dan lain-lain aku malah mendapatkan suatu insight sih; semester 5 itu adalah semester di mana mahasiswa pertama kali benar-benar belajar (dapat matkul) yang jurusannya banget.
 
Aku justru seneng dong, setelah 4 semester aku dicekokin teori dan soal tanya-jawab yang ngga terlalu pangan (masih dasar banget), kemungkinan di semester 5 aku akan banyak belajar tentang jurusanku yang mana aku cinta! Bukannya dibuat takut, aku malah makin mengebu-ngebu untuk cepet-cepet masuk kuliah aye! Mungkin karena aku punya target dan aku tulis di vision board aku kali ya? (baca tulisannya di sini). 
 
Aku mencoba untuk ngga kedoktrin sih sama mitos-mitos tentang semester 5, lagian semua jurusan sama-sama sulit kok tergantung cara kita nanggepinnya aja mau dibawa stress atau engga (asli ngomong gini kayak si paling tau yang udah ngejalanin semester 5). Tapi aku yakin, kalau kita menjalankan dengan sepenuh hati, semuanya akan terasa menyenangkan. Aku bakalan puas-puasin mata kuliah yang aku ambil di semester ini karena di depan sana pasti akan banyak banget tanggung jawab yang menguras hati dan pikiran. 
 
Jujur, aku sempet capek banget kuliah dan memutuskan bilang ke ayah untuk ambil cuti dulu tapi setelah didiskusikan aku belum cukup untuk memenuhi kualifikasi kerja yang layak di tanah air (huh kapitalis). Terus aku kepikiran apa berhenti aja karena aku udah capek banget (padahal kerja lebih capek ngga sih?) tapi ayah bilang ke aku kalo ayah aja ngga pernah berhenti usaha (untuk menguliahkan aku), hm oke deh ayah, if you are still in I am still in. Asik aku tau kata-kata ini dari film Juno (2007), intinya kayak kalo kamu masih berusaha maka aku juga (tetap akan) berusaha.
 
Aku sekarang lagi ngejar target dekat aku gitu, yaitu lulus Yeterlilik Ingilizce (penyetaraan bahasa Inggris) karena kalo aku lulus ini maka aku bisa ambil mata kuliah yang bahasa pengantarnya pake bahasa Inggris, aku ngerjain soal--tapi sejauh ini masih dikit sih padahal ujiannya minggu depan, orang Indonesia lain banyak yang bilang soalnya mudah cuma aku ngga mau menyepelekan gitu pokoknya aku harus memaksimalkan karena aku ngga mau juga tuh dapet nilai pas-pasan. Doain ya!
 
Terus aku juga hari ini baca tentang era baru yang membutuhkan skill-skill baru katanya, bicara tentang skill, tadinya di musim panas tahun ini aku mau belajar Adobe Photoshop tapi ya summer udah lewat begitu juga keinginanku untuk belajar ini. Ehe. Aku ulas bacaanku tadi ya; karena memang skill-skill baru banyak dibutuhkan untuk pendekatan terhadap era baru, semua orang jadi sadar dong untuk belajar skil-skill ini which is great, karena emang kita semua butuh keep up. Tapi yang jadi masalahnya adalah, kalo semua orang belajar new skills dengan ilmu yang kurang lebih sama dan cuma beda intitusi artinya on a skill level akan banyak orang yang kebisaannya kurang lebih sama. Sedih banget kan karena ketika kita mikir kalo kita belajar new skill maka kita akan punya professional advantage ternyata ujung-ujungnya kita bakalan biasa aja karena sama dengan orang lain. Makanya dengan belajar new skills dan ninggaalin old skills itu adalah perilaku yang kurang bijak, karena tanpa old skills berarti new skills cuma akan menjadi "skills" and nothing special anymore about that. Malah bisa jadi "old skills" itu yang menjadi bumbu rahasia kalau kita bisa combine dengan new skills yang lagi kita pelajarin sekarang. Contohnya Digital Marketer yang hitungan budgeting-nya presisi banget karena dulu pernah kerja di bank, atau Data Analytics yang visualisasinya keren karena dulunya Graphic Designer, atau bisa juga Sales Rep yang dicari-cari customers karena juga nyambi sebagai seorang Psikolog, dan lain sebagainya.
 
Jadi sebelum belajar new skills, coba kita pause sebentar dan coba pikirkan kombinasi apa yang cocok antara new and old skills kita biar nanti skills yang kita punya akan jadi spesial karena cuma kita yang bisa. Karena kalau hanya mengandalkan old skills  jelas kita pasti akan ketinggalan dan bisa kena lay off, bisnis kita juga bisa kehilangan customers. Begitu juga kalau kita hanya mengandalkan new skills, kita jadi sama kayak orang lain yang juga belajar skill yang sama, akhirnya ngga ada ciri khas, niatnya mau jadi special snowflake malah jadi orang yang replacable. Tapi ketika kita mix keduanya, old and new skills maka bakalan jadi our own special mix, high value skills keren banget ngga tuh padahal cuma keahlian baru yang diampur sama pengalaman masa lalu. Yang kayak gini ngga gampang diganti dan punya bargaining power yang kuat, karena cuma kita yang bisa.
 
Contoh kasus nyata deh, temen deketku seorang arsitek yang suka banget sama nulis. Dia sering banget share gambar bangunan disertai caption bagus gitu di instagram. Menurutku kemampuan menulis dia bisa kepake sih untuk menjelaskan hasil design-nya di layout yang dia buat. Dia juga story teller (aku denger-denger skill ini lagi in banget dan bakalan kepake di masa depan). Waktu dia nge-guide juga dia bisa menjelaskan kenapa bangunan di Sakarya pendek-pendek. Gitu deh!
 
Semoga aku bisa survive ya di semester 5 ini dan aku juga bisa nemuin skill yang aku banget. AAMIIN!

DENGAN PENUH AMBISI,
FRALATANIA.