Hai! Aku kan udah bilang tuh kalo aku mau mulai lagi
Jadi sekarang aku lagi mood nulis tapi aku lagi ngga ada ide gitu. Jadi aku nulis kegiatan-kegiatan aku aja, gapapa ya! OK jadi ini puasa hari ketiga, dan puasa ketiga aku di tanah rantau. Di sahur pertama aku mikir kayaknya aku bakalan sahur sendirian karena temen rumahku pada punya kegiatannya masing-masing, eh tapi engga dong ternyata salah satu temen rumahku pulang beberapa jam sebelum sahur dan bawa dua orang! Satunya aku kenal, dia anak Istanbul, kami waktu itu satu organisasi gitu. Satunya lagi temen SMA temen rumahku, kuliahnya di Indonesia, dan di Turki lagi liburan aja. Akhirnya sahur ngga sendirian! :D
Buka puasa pertama kami berempat diundang ke rumah mahasiswa Indonesia yang terkenal suka masak pokoknya, di sana kami bener-bener dijamu abis-abisan pokoknya. Takjilnya ada buah stroberi, melon, dan pisang yang disiram susu manis aarrghh enak banget juga makan kurma dulu sebelum menyantap main menu. Duh jadi laper... 2 jam lagi bukanya. Nah makanan utamanya adalah: M I E A Y A M B A K S O. Aku kasih tau ya, tuan rumahnya ngga pelit ngasih porsinya sampe kami berempat kekenyangan dan gabisa jalan haha. Katanya //porsi kenyang// hehe. Yang aku kagumi tuh satu rumah itu semuanya berbagi tugas ada yang meletakan makanan di karpet, ada yang ambil mangkok/alat-alat, ada juga yang masak. Servicenya aku kasih nilai 100, rasa makanannya aku kasih 101! Terus aku kira aku bakalan jadi //kambing conge// di sana karena isinya anak pondok semua tapi engga euy topik bahasannya universal dan masih bisa aku ikutin untungnya. Ya pokoknya seru lah, aku sendiri pertama kalinya main ke rumah mereka dan ngobrol langsung. Seneng deh karena aku bisa kenal orang baru dan dapet makanan enak. Oh iya pas mau pulang, kami berempat diantar sampe durak (tempat pemberhentian bis). Karena memang duraknya lumayan jauh dari TKP--juga karena udah malem sih. Kejadian yang bikin berkesan untuk aku sendiri adalah waktu masuk bis aku dadah-dadah gitu ke mereka dan mereka lambain tangan balik! Soalnya aku ngga ekspektasiin bakalan didadahin balik sih.
Sahur kedua aku dan Sabila (my housemate) berdua doang, dan gilanya adalah kami berdua mendengar tetangga sebelah berantem gitu, aku sih ngga dengerin banget karena fokus makan dan ya males juga untuk mikir pakai bahasa Turki--walaupun begitu aku juga ngerti untuk satu dua kalimat. Kata Sabila--dia tinggal lebih lama di rumah ini daripada aku, tetangga sebelah emang daridulu sering berantem tapi emang sekarang-sekarang ini puncaknya. Oh iya, berantemnya parah banget dari intonasi rendah, sedang, sampai tinggi. Dan lebih parahnya lagi mereka berantem selama 7 jam! Dari sahur sampai jam 10/11an lah. Aku ngebayanginnya capek banget karena sampe teriak-teriak jerit gitu dan ngejatohin barang yang suara berserakannya kedengeran ke rumahku.. Pikiran liar aku dan Sabila adalah jangan-jangan ceweknya diiket karena dari yang teriak tiba-tiba manggil nama suaminya berkali-kali dan diem gitu aja. Aku dan Sabila juga takut kalo polisi dateng ke rumah dan kami diminta jadi saksi atau lebih jauhnya nanti anak mereka yang masih SD (anaknya baik) dititp ke kami ya walaupun ngga mungkin banget sih karena kami kan mahasiswi.. Aku bingung di sini aku harus berbuat apa karena kalo aku ikut campur aku takut kena masalah tapi kalo aku diem aja aku juga takut mereka kenapa-kenapa atau berantemnya semakin menjadi-jadi ((maaf ya aku jadi ngomongin rumah tangga orang)). Tapi aku berdoa semoga urusan mereka cepat selesai dengan hasil yang terbaik. Aamiin.
Buka puasa kedua adalah buka puasa //tersunda// aku! Aku bilang gini karena aku buka puasa bersama tiga sunda (Sabila, Tia, dan Baira) dan makanannya ngga kalah sunda deh. Ada nasi liwet uumm yumm, tempe orek (well), dan ikan jambal (sunda banget kan?), tidak ketinggalan pula kerupuk udang, kurma dan teh manis hangat yang manisnya alami--ngga pake gula--yang bikin katanya mahasiswa dari univ mana gitu. Tehnya enak banget dan menurutku manisnya itu di aftertastenya bukan selagi diminum langsung kerasa manisnya. Kalo ikan jambal--jujur aku baru pertama kali makan ikan ini dan aku langsung suka! Kata mereka sih aku termasuk ke dalam golongan orang yang mantap..? karena biasanya orang yang pertama kali makan ikan jambal ngga bisa langsung suka, harus berkali-kali makan dulu baru suka, atau tetap ngga akan suka. Terus aku suka di suapan pertama. Yaudah lah aku diledekin katanya harus bisa makan makanan sunda karena nanti nikahnya sama orang sunda HAHA. Nah cemilan malamnya aku dan Sabila makan bakso cuanki instant tapi enak banget baksonya ugh terus aku juga baru pertama kali makan siomay lidah (begitu namanya kata Sabila) dan enak banget, ternyata emang beda ya bakso cuanki yang ala Bandung dan Bekasi.
Yah, begitulah, masih banyak cerita sahur dan buka puasa yang akan aku alami tapi ngga mungkin dong aku ceritain satu persatu? By the way sepanjang ngetik jariku harum pandan nih karena kebetulan aku baru aja nanem pandan--sebenernya udah dari dua hari yang lalu tapi pandannya kritis gitu dan pas aku cek ternyata ada hamanya dong.. yaudah aku bersihin dan aku tanam lagi, yang layu-layu juga aku buang dan untungnya pandannya masih wangi yang artinya masih bisa diselamatkan. Semoga ya! Soon aku bakalan nanem serai hehe.
Hari ini aku wawancara untuk projek AIESEC dan aku langsung disuruh cabut di musim panas ini tapi karena satu dan lain hal aku kayaknya ngga bisa berangkat tahun ini tapi pihak sana bilang gapapa dan sangat senang kalo aku berangkat tahun depan. Aku juga daftar sebagai global host karena gabut banget dong aku rumahnya berasa kosong karena temenku cabut ke Indonesia satu orang--tidurnya sama aku pula. Oh iya aku lagi gencar ikut kegiatan-kegiatan gitu tapi bukan ke organisasi lagi--bosen. Sekarang lebih ke kerelawanan. Aku baru aja daftar di dua projek volunteer untuk online campaign dan juga aku masih kontrak sampai Juni untuk kegiatan Kakak dan Adik Asuh--well yang ini kayaknya bakalan aku bikin post sendiri deh. Tapi aku juga masuk komunitas gitu. Seneng juga sih sebenernya di masa pandemi gini bisa daring jadi aku yang jauh dari tanah air bisa ikutan program-program di sana. Ya semoga bermanfaat untuk aku dan target programnya lah ya.
Ngga kerasa udah enam paragraf panjang aku nulisnya HAHA. Yaudah lah aku mau lanjut belajar dulu karena minggu depan aku udah mulai Mid Test/Vize. Dadah!
Fralatania
Aucun commentaire:
Publier un commentaire