"never regret anything because at one time it was exactly what you wanted"
Siapa duga kesalahan paling keji pun dapat membawa ke jalan yang selama ini didambakan. Ya, aku mau ngomongin kehidupan dulu sebentar. Kalo gak mau baca, baca dong, acting aja plis gapapa.
How thankful i am that the earth is still spinning.

YA
I know, i know, this is the weird things to say but have you ever got amazed by life itself? like wow you are actually living, you are actually breathing air, hey you can move your muscles, that's your brain talking to yourself, you are reading this, you are seeing everything, no? WELL, YAUDAH
At least, suddenly you are aware of every single thing around you, right?
I sometimes realise that what I have adalah hasil dari kesalahan-kesalahan. Inget banget dulu gimana pas mau UN SMP awal-awal macu bersemangat mengembara terus pas udah mau deket hari H malah loyo-loyo tidur bangun jam 3 sore, no belajar, and been wasting time on internet sensation which is not important. Akhirnya yang aku dapet? Nem jelek. Gak jelek banget banget sih, karena masih di atas rata-rata, wow congkak. Tapi ya, aku harus merelakan SMA-SMA keren karena itu. Yaudah, masuk kan tuh ke SMA b aja. Bagus, tapi b. Dan gak cocok sama vibe-nya. Gak kuat serius akhirnya ya sekarang, di Bengkulu. Malah makin b kan. Aku kira aku bakalan nyesel- but nah. I don' regret it.
Ternyata, mungkin, Bengkulu itu tempat yang paling "layak" untukku buat berkembang. YE belom coba di tempat lain sih, tapi di sana, aku jadi ya... jadi aku? Laaaah. Gini, i was SO SO SO insecure bih in SMP. Parah. Sampe foto-foto bareng temen SMP sedikit banget karena ya jarang mau diajak foto, terus gak aktif di berbagai kegiatan (lah emang sekarang aktif?) sekolah, apalagi kalo maju presentasi, i remembered the very first time i do that shit lol KOCAK gak bisa ngomong apa-apa but nge-rap sampe ada yang bilang nicki minaj. ya
Dan di Bengkulu, wih asik tuh waktu baru masuk sekolah, yuhu lingkungan baru, mikirnya I can be whatever I want. Eh iya sih awalnya doang, aku banyak ngelakuin hal-hal yang "aneh" menurut orang-orang sana. Can do whatever I like, can be whatever I want, aaaapaan my arse. Malah diomongin dan diajarin cara berperilaku yang baik dan benar sesuai kaidah tempat bersosialisasi sama Bengkulu people. Jadinya, sekarang ya aku mendingan, gilanya mengurang, dan sopan sih lumayan gak urakan kayak dulu. Kata-kata dari Nur sih yang paling aku ingat dan merubah pola pikirku, yakni "bersikaplah sesuai tempat." dan setelah dia ngomong begitu aku malah duduk di motor gaya lanang, ituuuu duduk biasa tapi kan harusnya gak boleh karena aku pake rok. Padahal kalo di ibukota yang kayak begitu mah biasa aja ya, yang pake kerudung tapi duduk begitu juga banyak.
Terus-terus, aku di Bengkulu juga banyak belajar shits yang berguna untuk kelangsungan hidup. Kadang kalo lagi masak-masak manja sama ciwi-ciwi aku suka merinding disko wow betapa hebat mereka. Beberapa laki-laki juga udah pada bisa masak (lingkungan woi yang bilang cewek doang yang harus bisa masak). Dari situ, aku mulai mikir, ternyata enak ya bikin makanan sendiri, dan aku juga ngerasain gimana rasanya gak ada makanan di rumah, jadi ya, masak itu penting banget guys. Masak itu basic skill- cara untuk bertahan hidup, mau cewek, mau cowok, mau *inserts gender(s name here* or whatsoever lah, manusia harus bisa masak ya minimal untuk dirinya sendiri. Dan yang paling bikin kaget adalah mereka cuci baju mereka sendiri. Kocak aku kalo denger misalnya ada kerja kelompok di hari sabtu atau minggu dan mereka bilang cuci baju dulu sebelum go out, ok.
Pas aku balik ke sini, menyadari bahwa remajanya sangat manja- ya manja, i was one of them :") duh banyak kan yang masih gak sadar kalo mereka harus take a part of cleaning the house. Iya ada pembantu atau apa tapi kan... AAH udah nanti ribet. Mama, nenek, cicik, ya orang-orang rumah lah serta para tetangga juga kaget kayaknya sama perubahanku yang tadinya males af dan sekarang jadi lebih sadar? Gokil.
Hmm, tapi banyak loh yang bilang aku berubah, pada pangling katanya, in a good way dong ya berarti~ ini semua juga karena lingkungan di Bengkulu yang ngegojrok untuk terus merawat diri (well, ini juga dilakuin sama orang-orang di sini sih). Tapi, di Bengkulu aku dapet banyak cara natural yang mana gak ada efek samping masa depannya, ala kembang desa gitu lmao. HAHAH
Bener ya lingkungan itu pengaruhnya besar banget. Dan, aku bersyukur karena pernah (dan masih) tinggal di Bengkulu, cuma karena kesalahan yang harusnya nih aku sesali tapi enggak dong :"D yo. Balik lagi ke part "I was insecure in SMP" dan sekarang!!! masih sih dikit, tapi gak separah itu. Dan aku juga merasa termotivasi. I mean, i've never felt this motivated before. Hal-hal di Bengkulu banyak sekali yang bikin hati tergerak buat berubah dan ganti kebiasaan menjadi better. Dari sini juga belajar budaya baru, iya masih negara indon, but you know, kebiasannya beda. Jadi banyak kenal sifat-sifat orang lain juga.
Di bengkulu, aku jarang ngomongin kedepannya mau gimana sama temen-temen, pasti ya orang-orang sana cuma sebatas mau jadi pns, polisi, tentara, bidan, atau lanjut berkebun kayak orang tua mereka... karena yang dibutuhkan di wilayah situ ya cuma itu, dan masalah ekonomi juga katanya. Jarang banget yang mau keluar dari zona nyaman, kayak ngerantau, tapi aku kenal beberapa yang rencana masa depannya tinggi sih, dan yang aku inget saat ini cuma 6 orang...
Waktu ketemu temen-temen SMP, pada ngomongin masa depan- di mana mau kuliah, mau kerja, dll. Dan ternyata planning mereka bagus-bagus banget it is like a wake up call for me. Temen-temen SMP ada di zona yang mana "aman" buat masuk PTN yang mereka mau because relasi, alumni, sekolah, dan wilayah or you name it mereka mudah. Kalo aku kayaknya, harus kerja dua kali lebih keras, you know, persaingan makin ketat, dan aku gak mau hal waktu SMP itu terulang lagi, takutnya yang ini ntar malah nyesel hehe. Like an old saying, kalo mereka bisa masa aku enggak?
Jadi untuk aku di masa depan, kalo baca post ini,
jika kamu berhasil dapet apa yang kamu inginkan, THANK YOU FOR YOU karena akhirnya kamu bisa melewati some shit yang nganu, dah jadi bingung apa yang harus dibilang. Ya, pokoknya selamat, kamu gak kayak kamu waktu SMP, and this is matter.
jika kamu gak berhasil dapet apa yang kamu inginkan, heh betapa gobloknya kamu, pasti kamu bukannya belajar yah, malah internetan yang gak jelas, ya sesekali kan gapapa buat nambah wawasan, tapi kamu malah ngebacot. Sekarang gimana? Udah nyesel belom?
Mau berhasil dapetin "itu" atau enggak, aku cuma mau bilang. Life is good. Gak usah sedih-sedih banget lah. Everything's gonna be ok. Don't stress. AND REGRET NOTHING. l i f e i s g o o d
😙
Fralatania
Aucun commentaire:
Publier un commentaire